BLANTERWISDOM101

MANFAAT DAUN SIRIH UNTUK KESEHATAN

Wednesday, October 23, 2019

Menurut Wikipedia Sirih adalah tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain. Sebagai budaya daun dan buahnya biasa dikunyah bersama gambir, pinang, tembakau dan kapur. Namun mengunyah sirih telah dikaitkan dengan penyakit kanker mulut dan pembentukan squamous cell carcinoma yang bersifat malignan. 

perlu Anda ketahui bahwa daun sirih adalah tanaman yang mengandung banyak air. Sekitar 85-90% daun sirih terdiri dari air sehingga daun sirih rendah lemak dan kalori.
Selain itu, daun sirih juga memiliki kemampuan membunuh bakteri dan jamur serta memiliki peran sebagai antioksidan. Manfaat daun sirih yang sudah sejak lama digunakan adalah sebagai antiseptik untuk pengobatan luka bakar.
Berikut adalah manfaat daun sirih unuk kesehatan tubuh kita:
1. Sebagai antiseptik
Manfaat daun sirih sudah lama digunakan masyarakat sebagai antiseptik, antidiabetes, antikanker serta untuk menyembuhkan penyakit infeksi. Sayangnya, beberapa manfaat daun sirih ini belum didukung oleh bukti ilmiah yang sahih.
Namun sebuah penelitian mengungkapkan, bahwa antiseptik yang berasal dari daun sirih lebih baik dibandung sabun non-antiseptik. Akan tetapi, meski temuan ini mengatakan sabun antiseptik (daun sirih) lebih baik, diperlukan analisis lanjutan apakah apakah bakteri yang tersisa tersebut bersifat patogen (menyebabkan penyakit) atau tidak.
Guna mendapatkan efek antiseptiknya, air rebusan daun sirih juga digunakan sebagai obat kumur atau membersihkan bagian tubuh yang lain.
2. Membantu proses penyembuhan luka
Karena memiliki kandungan antioksidan yang sangat tinggi, hal ini membuat daun sirih mampu mengatasi stres oksidatif sehingga mampu membantu proses penyembuhan luka dengan lebih cepat. Cara mengolahnya, Anda hanya perlu mengoleskan daun sirih pada luka dan setelahnya tinggal dibungkus dengan perban. Luka ini pun akan bisa segera sembuh hanya dalam 1-2 hari saja.

Loading...
3. Mengatasi gangguan pencernaan
Manfaat daun sirih juga dipercaya mengatasi rasa tidak nyaman pada perut. Caranya, minumlah air rebusan daun sirih. Konsumsi air rebusan ini membantu perut menyerap mineral dan berbagai nutrisi dari makanan. Selain itu, Anda juga bisa mengoleskan minyak daun sirih pada perut yang membuat perut terasa lebih nyaman.
4. Membantu menurunkan berat badan
Manfaat daun sirih akan bisa Anda rasakan apabila Anda rutin mengonsumsi air rebusan daun sirih. Efek positifnya, sistem metabolisme dalam tubuh meningkat. Tak hanya itu, khasiat daun sirih lainnya juga akan membuat sekresi pencernaan ikut meningkat sekaligus menghilangkan kadar air berlebihan atau racun dari tubuh.
Sedangkan serat dari daun sirih membantu menurunkan kadar lemak dalam tubuh sekaligus mengatasi sembelit. Hal ini tentu akan membuat berat badan semakin mudah turun.
5. Melawan kanker. 
Manfaat daun sirih yang tak banyak diketahui adalah sebagai obat anti-kanker. Mengunyah daun sirih diketahui mampu mencegah dan mengatasi kanker sumsum tulang dan meningkatkan harapan kesembuhan bagi pasien leukemia myeloid kronis. Fakta ini dibuktikan dalam penelitian yang dilakukan oleh Indian Institute of Chemical Biology (IICB), Institute of Haematology and Transfusion Medicine, Kolkata, dan Piramal Life Sciences, Mumbai.
6. Mencegah bau badan.
 Minyak esensial di dalam sirih akan mengatasi bau badan yang tak sedap. Begitu juga sifat anti-bakteri yang dimilikinya.
Beberapa manfaat lain dari daun sirih yaitu:

Manfaat daun sirih untuk Mata


Apakah manfaat daun sirih untuk mata? Sirih merah dan hijau bisa digunakan untuk mengobati mata yang merah karena iritasi berkat sifat anti-bakteri dan anti-inflamasi di dalamnya.

Rebus 20 lembar daun sirih merah atau sirih hijau dan gunakan airnya yang sudah disaring untuk mencuci mata selama 10 menit.

Manfaat daun sirih untuk Miss V

Kesehatan organ kewanitaan alias Miss V tentunya sangat penting bagi setiap perempuan. Anda bisa menggunakan manfaat daun sirih untuk merawat organ intim ini.
Dilansir StyleCraze, manfaat daun sirih hijau adalah sebagai antiseptik yang membunuh bakteri Candida penyebab leukorrhea atau keputihan.
Rebus 5-10 lembar daun sirih ke dalam 250 ml air. Setelah direbus, saring airnya dan gunakan untuk mencuci area kewanitaan yang bermasalah.
Demikian penjelasan mengenai aneka manfaat daun sirih. Harap diingat, manfaat daun sirih baru bisa dirasakan secara maksimal kalau dikonsumsi sesuai anjuran. Takaran berlebih justru bisa memberikan efek negatif bagi tubuh.
Share This :

0 comments

Featured Posts

Resep Simpel Menu Sarapan dari Roti Tawar, Dijamin Lebih Enak!

Resep Simpel Menu Sarapan dari Roti Tawar, Dijamin Lebih Enak! Mama sering mengandalkan roti tawar sebagai menu sarapan pagi? Tahukah...