BLANTERWISDOM101

Tips Mengajarkan Anak Menabung Sejak Dini

Thursday, October 24, 2019

Tips Mengajarkan Anak Menabung Sejak Dini



Kebiasaan Menabung adalah hal positif yang perlu diajarkan pada anak sedini mungkin. Dengan menabung, secara tidak langsung, anak-anak dapat belajar bertanggung jawab dalam pengelolaan keuangan. Lalu, bagaimana cara mengajarkan kebiasaan menabung pada Anak?

Sebelum membahas manfaatnya.Anda perlu mengetahui beberapa cara mengajarkan kebiasaan menabung sejak dini.

Cara Mengajarkan Kebiasaan Menabung Sejak Dini

Anda sudah mengetahui berbagai manfaat positif yang akan Anda rasakan dan berdampak positif pada si kecil. Jangan tunda lagi untuk mulai membiasakan anak Anda menabung. Namun, bagaimana caranya?

Berikut cara-cara asyik untuk mengajarkan kebiasaan menabung pada anak.

✓ Menyampaikan Keuntungan Menabung Lewat Hal-Hal yang Menarik

Anda perlu mengenalkan apa itu menabung pada anak. Ini adalah hal mendasar yang perlu Anda jelaskan. Setelah mengetahui konsep menabung, si kecil akan lebih mudah untuk menerima dan menjalankan kebiasaan menabung.

Anda dapat memperkenalkan konsep menabung dan keuntungannya melalui hal-hal yang menarik. Anda bisa melakukannya dengan membacakan cerita atau mendengarkan lagu yang berkaitan dengan menabung.

Ajarkan bahwa menabung dapat membantunya membeli sesuatu yang ia inginkan selama ini. Buatlah perhitungan sehingga ia tahu kapan ia akan bisa membeli barang yang ia mau.

✓ Menetapkan Tujuan Menabung yang Seru bagi Si Kecil

Setelah mengenal konsep menabung, hal mendasar yang perlu Anda lakukan selanjutnya adalah menetapkan tujuan menabung. Tujuan ini bisa untuk memenuhi kebutuhan jangka panjang. Bisa juga berupa keinginan anak Anda atau merupakan sebuah tujuan bersama.

Ajaklah si kecil untuk berunding dan merencanakan tujuan menabung itu. Sebagai contoh, uang yang ditabung nantinya dapat dibelikan mainan yang sedang ingin dibeli oleh si kecil. Anda juga bisa merencanakan liburan bersama ke tempat yang menarik dan belum pernah dikunjungi dengan uang yang akan ditabung.

✓ Memberikan Jatah Uang

Untuk membiasakan anak menabung, Anda perlu memberikan jatah uang kepada si kecil. Anda bisa memberinya jatah uang harian, mingguan, atau bulanan. Ajarkan anak untuk menyisihkan uang yang Anda beri setiap hari, minggu, atau bulannya untuk ditabung.

Dengan menerima jatah uang, si kecil akan belajar untuk mengelola keuangan setiap hari, setiap minggu, atau setiap bulannya. Ia akan belajar bertanggung jawab dengan uang yang ia miliki. Ini karena jatah uang memberinya batasan untuk membelanjakan uangnya.

✓ Mengajarkan Mencatat Keuangan

Anda juga bisa mengajarkan si kecil mencatat keuangan. Catatan ini akan membantu si kecil mengelola keuangannya sendiri. Ia akan belajar membagi uangnya ke beberapa pos pengeluaran, termasuk pos untuk menabung.

✓Menjadikan Diri Sebagai Contoh yang Baik

Seperti pepatah buah jatuh tak jauh dari pohonnya, kebiasaan anak Anda tidak akan jauh berbeda dengan kebiasaan Anda. Jika Anda ingin anak Anda memiliki kebiasaan menabung, Anda harus menjadikan diri sebagai contoh baik yang bisa ditiru.

Sebagai orang tua, Anda adalah role model bagi anak Anda. Ia akan mencontoh kebiasaan-kebiasaan baik maupun kebiasaan-kebiasaan buruk Anda.

✓Memberikan Peralatan Menabung yang Lucu dan Unik

Salah satu cara untuk membuat si kecil tertarik untuk menabung adalah dengan menyediakan peralatan yang unik, lucu, atau menarik. Cara ini akan membuat si kecil lebih bersemangat untuk menabung.

Sebagai contoh, Anda bisa menyiapkan buku tabungan dengan cover lucu dan halaman berwarna-warni. Anda juga bisa menyiapkan tabungan berbentuk unik. Ada banyak variasi tabungan seperti bentuk binatang, rumah-rumahan, kendaraan. Pilih yang sesuai dengan kesukaan si kecil.

✓Ajaklah Anak Anda ke Bank untuk Menabung

Saat ini berbagai bank sudah menyediakan layanan menabung untuk anak-anak. Anda bisa mengajak si kecil ke bank untuk membuka rekening tabungannya. Ajaklah si kecil juga saat Anda menabung di bank. Si kecil akan sangat senang mengikuti kebiasaan Anda menabung.

✓Berikan Reward Agar Anak Tetap Semangat

Untuk membeli barang yang agak mahal, tentu diperlukan waktu menabung yang lebih lama. Terkadang si kecil akan merasa bosan menunggu. Anda bisa menyiasatinya dengan membagi periode menabung.

Setiap akhir tahapan periode, berilah reward untuk anak Anda. Hadiah kecil ini akan membuat si kecil kembali bersemangat. Reward juga merupakan bentuk penghargaan untuk si kecil.

Manfaat Tak Terduga Membiasakan Anak Menabung

Kebiasaan baik tidak lepas dari manfaat baik yang mengikutinya. Begitu pula dengan menabung. Berikut ini manfaat mengajarkan kebiasaan menabung pada anak sejak dini yang bisa Anda rasakan.

✓ Mengatur Keuangan Sendiri Sedari Dini

Untuk bisa menabung, si kecil mulai belajar mengatur keuangannya. Ia akan berlatih membuat anggaran untuk keuangan pribadi. Anak Anda akan mulai berpikir untuk membagi mana uang untuk dibelanjakan dan menyisihkan sebagian uang untuk ditabung.

✓ Belajar Berhemat Sejak Kecil

Jika budaya menabung telah dilakukan sejak kecil, anak akan terbiasa menyisihkan uang yang dimiliki untuk ditabung. Dengan begitu, anak Anda juga akan belajar untuk menghemat pengeluarannya untuk ditabung.
Budaya Menabung dapat Mendisiplinkan Anak

Butuh ketekunan dan kedisiplinan untuk membiasakan diri menabung. Kegiatan menabung dapat membantu si kecil belajar menjadi disiplin. Tentu Anda setuju bahwa sikap disiplin sangat penting dimiliki oleh anak-anak.

Loading...

✓Menghargai Uang karena Budaya Menabung

Belajar menabung meningkatkan kesadaran anak tentang uang. Momen ketika si kecil belajar menahan diri untuk tidak membelanjakan semua uangnya. Momen ketika ia menunggu tabungannya hingga mencapai jumlah yang diinginkan. Hal-hal itu membuat anak Anda lebih menghargai uang yang dia miliki.

✓ Terbiasa Menabung ketika Dewasa

Apa yang telah dilakukan berulang kali akan menjadi sebuah kebiasaan. Begitu pula bila Anda mengajarkan anak Anda menabung sejak kecil. Ketika dia beranjak dewasa, anak Anda tidak akan kesulitan menabung sebab sudah terbiasa.

Itu adalah beberapa tips dan manfaat dari mengajarkan dan membiasakan menabung sejak dini ya mams,,, selamat mencoba tipsnya, semoga berhasil dan bermanfaat ya mams 🙂
Share This :

0 comments

Featured Posts

Resep Simpel Menu Sarapan dari Roti Tawar, Dijamin Lebih Enak!

Resep Simpel Menu Sarapan dari Roti Tawar, Dijamin Lebih Enak! Mama sering mengandalkan roti tawar sebagai menu sarapan pagi? Tahukah...