BLANTERWISDOM101

6 Sarapan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil

Monday, December 16, 2019

6 Sarapan Yang Sehat Untuk Ibu Hamil



     Setelah ibu melewati trimester pertama dan trimester kedua kehamilan maka sekarang saatnya menghadapi trimester ketiga. Sebenarnya saat sudah masuk trimester ketiga maka ibu tetap harus menjaga kebutuhan gizi ibu hamil berdasarkan trimester kehamilan. Jangan sampai karena mengalami awal gangguan kehamilan menjelang persalinan akhirnya ibu tidak mencukupi nutrisi. Termasuk dengan makan pagi sebenarnya sangat baik untuk menjaga pertumbuhan janin. Lalu apa saja sarapan yang sehat untuk ibu hamil trimester ketiga? Ikuti informasi dibawah ini.
    1. Sarapan buah
    Istilah sarapan buah untuk ibu hamil ternyata memang tetap harus dilakukan sampai trimester ketiga. Buah mengandung berbagai jenis nutrisi dan mineral yang akan menjaga sistem kekebalan tubuh ibu hamil. Ibu hamil yang rajin makan buah di pagi hari biasanya tidak mudah sakit dan janin berkembang dengan baik. Nutrisi ibu hamil sesuai kebutuhan bisa didapatkan dari buah seperti pisang, semangka, melon, kiwi, jambu dan jenis buah yang lain.
    1. kan dan salad sayuran
    Kemudian ibu hamil saat sudah trimester ketiga juga tetap membutuhkan nutrisi asam lemak omega 3 dan tiamin. Hal ini karena perkembangan janin tetap berjalan sampai masuk ke trimester ketiga. Omega 3 bisa didapatkan dari ikan salmon. Namun untuk ibu hamil maka sebaiknya ikan salmon di konsumsi dalam bentuk matang. Lalu tiamin bisa didapatkan dari sayuran seperti selada, tomat, jagung, lobak dan jenis sayuran lain. Pastikan jika ibu makan sayuran mentah maka sebaiknya didapatkan dari sayuran organik sehingga aman dari pestisida.
    1. Roti gandum dan selai kacang
    Saat kehamilan ibu semakin besar seperti saat sudah masuk trimester ketiga maka keluhan susah BAB saat ha akan lebih buruk lagi. Untuk mengatasinya maka ibu harus mendapatkan asupan serat setiap pagi. Serat dan tiamin pada roti gandum dan selai kacang sangat baik untuk membantu pencernaan ibu menjadi lebih lancar. Ibu bisa makan satu siri roti gandum yang putih atau tanpa perasa. Kemudian berikan tambahan selai kacang yang disangrai. Selain lezat rasa rotinya juga bergizi untuk ibu dan janin.
    1. Kacang-kacangan dan biji-bijian
    Jika ibu merasa perut masih kurang nyaman saat trimester ketiga maka bisa mengonsumsi kacang-kacangan dan biji-bijian. Dalam kedua camilan ini bisa membuat ibu menerima beberapa nutrisi seperti asam lemak omega 3, tiamin, serat dan protein. Jika Anda bisa makan bubur oatmeal atau bubur nasi merah maka bahan ini juga bisa dicampurkan. Beberapa sumber yang disarankan seperti biji bunga matahari, biji labu, kacang almond, kacang tanah dan kacang mete. Namun jangan mengonsumsi sumber makanan ini jika menderita alergi.
    1. Telur dan ikan salmon
    Telur dan ikan salmon memang sangat penting untuk ibu hamil. Kedua bahan ini juga menyumbangkan nutrisi yang penting untuk pertumbuhan bayi seperti asam lemak omega 3, DHA, dan kolin. Kemudian juga ada manfaat telur bagi ibu hamil yang bisa membantu tubuh ibu menjadi lebih sehat. Nutrisi ini juga sangat penting untuk membuat sistem syaraf bayi menjadi lebih sehat. Selain itu kolin juga penting untuk menjaga kesehatan ginjal yang baik serta meningkatkan sistem ingatan pada janin. Jadi jangan lupa makan telur dan ikan salmon untuk sarapan ibu hamil.
    1. Produk susu
    Kemudian ibu hamil juga tetap bisa minum susu ibu hamil setiap pagi. Jika ibu tidak menyukai rasa susu ibu hamil maka bisa mencoba produk susu. Jenis produk susu yang direkomendasikan seperti keju, yogurt atau es krim. Bahan – bahan ini mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh ibu hamil sehingga bisa menunjang bayi tumbuh sempurna.
    Jadi itulah beberapa sarapan yang sehat untuk ibu hamil trimester ketiga. Setiap ibu hamil mungkin memiliki selera yang berbeda sehingga bisa memilih menu yang paling disukai. Dan jangan memilih menu yang memicu alergi :).

    Share This :

    0 comments

    Featured Posts

    Resep Simpel Menu Sarapan dari Roti Tawar, Dijamin Lebih Enak!

    Resep Simpel Menu Sarapan dari Roti Tawar, Dijamin Lebih Enak! Mama sering mengandalkan roti tawar sebagai menu sarapan pagi? Tahukah...